DIVIDEN SAHAM 
Dividen saham merupakan  pembayaran dividen dalam bentuk saham (stock dividen). Artinya pemegang saham akan diberi tambahan saham sebagai pengganti cash dividen. Saham yang diterima sebagai dividen bisa berbentuk saham yang sama dengan yang dimiliki atau saham jenis yang lain. Pembayaran dividen dalam bentuk saham (stock dividen). Artinya pemegang saham akan diberi tambahan saham sebagai pengganti cash dividen. Saham yang diterima sebagai dividen bisa berbentuk saham yang sama dengan yang dimiliki atau saham jenis yang lain.

Dari contoh Pengumuman Dividen saham  diatas Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Kapan Terakhir Kepemilikan Sahamnya?
    Tanggal terakhir kepemilikan saham atau yang sering disebut cum date ditetapkan tanggal 30 Mei 2018, artinya tanggal tersebut merupakan tanggal terakhir kepemilikan saham. Jika pemilik saham menjual saham sebelum atau pada saat cum date, maka pemilik saham tidak berhak atas pembagian deviden tunai. Namun jika pemilik saham menjual saham setelah tanggal cum date, maka pemilik saham memiliki hak atas pembagian deviden tunai karena pada tanggal tersebut ,  kepemilikan saham masih tercatat atas nama pemilik saham yang lama .  Biasanya harga saham akan turun setelah cum date, sehingga perhatikan BEP saham anda.
  2. Kapan Terakhir pencatatannya?
    Tanggal pencatatan (recording date) dilakukan pada tanggal 5 Juni 2018 yang artinya pada saat recording date, sudah ditentukan trader saham yang berhak mendapatkan dividen.
  3. Berapa Rasio Dividen yang akan diterima ?
    Pembagian dividen tunai adalah setiap 12 (dua belas) saham lama akan mendapatkan 1(satu) saham baru sedangkan dalam  1 (satu) lot saham terdapat 100 (seratus) saham, maka untuk mendapatkan 1(satu) lot / 100(seratus) saham, pemilik saham harus memiliki 1200 saham lama.
  4. Kapan Dividen diterima?
    Dividen  diterima pada tanggal 22 Juni 2018. Dividen yang diperoleh berupa saham baru yang akan ditambahkan kedalam saham yang lama.

Perusahaan selalu menyertakan cum-date, ex-date, pay-date pada setiap pengumuman pembagian dividen. Pengumuman perusahaan publik dapat dicek di BEI atau KSEI di http://www.ksei.co.id/publications/corporate-action-schedules/cash-dividend