Dividen Tunai 

Deviden tunai merupakan pembagian laba saham  dalam bentuk tunai, bisa dalam bentuk tunai atau cek. Dalam deviden tunai, hal yang perlu diperhatikan adalah cum date, Recording date, tanggal pembayaran dan  seberapa besar deviden  interim (tunai) yang akan di terima.

Dilihat dari contoh pengumuman dividen tunai diatas dapat disimpulkan beberapa point penting,diantaranya :

  1. Kapan Terakhir Kepemilikan Sahamnya?
    Tanggal terakhir kepemilikan saham atau yang sering disebut cum date ditetapkan tanggal 11 desember 2018, artinya tanggal tersebut merupakan tanggal terakhir kepemilikan saham. Jika pemilik saham menjual saham sebelum atau pada saat cum date, maka pemilik saham tidak berhak atas pembagian deviden tunai. Namun jika pemilik saham menjual saham setelah tanggal cum date, maka pemilik saham memiliki hak atas pembagian deviden tunai karena pada tanggal tersebut ,  kepemilikan saham masih tercatat atas nama pemilik saham yang lama .  Biasanya harga saham akan turun setelah cum date, sehingga perhatikan BEP saham anda.
  2. Kapan Terakhir pencatatannya?
    Tanggal pencatatan (recording date) dilakukan pada tanggal 13 Desember 2018 yang artinya pada saat recording date, sudah ditentukan trader saham yang berhak mendapatkan dividen.
  3. Berapa Rasio Dividen yang akan diterima ?Pembagian dividen tunai adalah setiap 1(satu) saham yang anda miliki akan mendapatkan dividen interim sebesar Rp.8,71(Delapan Rupiah Koma Tujuh satu). artinya jika anda memiliki 1 lot (100 lembar) saham, anda akan mendapatkan dividen interm sebesar Rp. 871 (Delapan Ratus Tujuh Puluh satu Rupiah).
  4. Kapan Dividen tunai diterima?
    Dividen tunai diterima pada tanggal 21 Desember 2018. Pada tanggal tersebut, pemegang saham sudah dapat mengambil dividen. Uang hasil dividen akan ditransfer langsung ke rekening dana investor setelah dipotong pajak penghasilan (PPh) sebesar 10%.

Perusahaan selalu menyertakan cum-date, ex-date, pay-date pada setiap pengumuman pembagian dividen. Pengumuman perusahaan publik dapat dicek di BEI atau KSEI di http://www.ksei.co.id/publications/corporate-action-schedules/cash-dividend