SAHAM BONUS

Saham Bonus Adalah Saham yang diberikan secara cuma-cuma oleh Emiten kepada pemegang saham,  yang merupakan kapitalisasi dari Agio Saham.

Saham Bonus diberikan dari agio dalam laporan keuangan, dimana agio ini didapat dari selisih harga nominal saham dengan harga penawaran saham pada saat IPO atau pada saat right issue

  1. Kapan Terakhir Kepemilikan Sahamnya?
    Tanggal terakhir kepemilikan saham atau yang sering disebut cum date ditetapkan tanggal 10 desember 2018, artinya tanggal tersebut merupakan tanggal terakhir kepemilikan saham . Jadi, investor akan mendapatkan saham bonus apabila ia tidak menjual sahamnya sampai pada tanggal cum date. investor yang yang berhak mendapatkan saham bonus bukan pemegang saham lama maupun pemegang saham mayoritas, melainkan investor yang tercatat memegang sham sampai tanggal ex date. Jika investor membeli saham pada tanggal 11 desember, maka inverstor tidak akan mendapatkan saham bonus. karena pada tanggal tersebut investor tidak tercatat sebagai pemegang saham lama.
  2. Kapan Terakhir pencatatannya?
    Tanggal pencatatan (recording date) dilakukan pada tanggal 12 Desember 2018 yang artinya pada saat recording date, sudah ditentukan investor yang berhak mendapatkan saham bonus.
  3. Berapa Rasio saham bonus yang akan diterima ?
    Rasio Saham bonus adalah setiap 100 (seratus) saham lama akan mendapatkan 40 (empat puluh) saham baru. Saham bonus yang dibagikan akan dilakukan pembulatan ke atas.
  4. Kapan Saham bonus diterima?
    Saham bonus  sudah bisa didistribusikan tanggal 28 Desember 2018. Artinya tanggal tersebut investor sudah menerima saham bonus yang didapatkannya.